Home » » Keris Pamengkang Jagad, Keris Bertuah Junjung Drajad

Keris Pamengkang Jagad, Keris Bertuah Junjung Drajad

{[['']]}
Kiai Pamengkang Jagad, Keris Bertuah Junjung Drajad
Keris merupakan salah satu dari sekian banyak warisan budaya Nusantara.  Keris dipercaya memliki tuah atau daya magis yang berpengaruh kepada pemiliknya.  Salah satu tuah atau daya magis yang ada pada keris adalah Junjung Drajat yakni meningkatkan derajat pemiliknya.  Salah satujenis keris yang diyakini memiliki tuah Junjung Drajat adalah Kiai Pamengkang Jagad.  Kiai Pamengkang Jagad adalah keris yang memiliki garis retakan lurus atau lubang memanjang di badan kerisnya.  adalah adanya retakan dan lubang memanjang di badan keris itu justru menambah keras karakter gaibnya dan menambah kuat kegaiban / tuahnya.
Keris yang memiliki garis retakan lurus atau lubang memanjang di badan kerisnya itu memberikan tuah yang lebih kuat daripada keris lain yang sejenis yang tidak mempunyai retakan atau lubang memanjang di badan kerisnya.  keris-keris yang memiliki retakan atau lubang memanjang di badan kerisnya, umumnya terjadi pada jenis keris lurus, tetapi ada juga yang terjadi pada keris ber-luk. Retakan atau lubang memanjang itu terjadi secara alami, bukan dengan sengaja dibuat.
Retakan atau lubang memanjang di badan keris itu ada dua macam yaitu (1) Retakan atau lubang memanjang yang bentuknya memanjang, berlekuk atau bergelombang mengikuti bentuk terpisahnya lapisan logam kerisnya, dan (2) Retakan atau lubang memanjang yang bentuknya tidak memanjang, berlekuk atau bergelombang mengikuti  bentuk terpisahnya lapisan logam kerisnya, tetapi berbentuk lurus dan garisnya tegas. Bentuk retakan atau  lubang memanjangnya ini seperti besi keris yang megar atau membelah, biasanya terjadi pada jenis keris lurus.
Keris jenis Pamengkang Jagad ini sangat jarang karena pembuatannya memang tidak disengaja.  Salah satu pemilik keris jenis Pamengkang Jagad, Kyai Ali (42), warga Sumenep, Madura, Jawa Timur,  mengatakan bahwa keris Pamengkang Jagad ini dipercayai sebagian orang memiliki daya magis meningkatkan derajat orang yang membawanya. “Sebagian kalangan mempercayai keris ini bisa membantu meningkatkan derajat seseorang, makanya keris saya ini sering dipinjam calon-calon Bupati saat ada pemilihan Bupati.  Dan memang yang pinjam keris saya ini selalu menang dalam pemilihan Bupati”, tutur Kyai Ali.
Ditanya apakah Kyai Ali juga percaya hal tersebut, ia menjawab “Sebelum menjawab, kita samakan dulu persepsi tentang kata percaya. Saya tanya dulu kepada anda, apakah anda percaya bahwa saya bisa mengajari anda untuk bisa membaca Al-Qur’an ?”, jawab Kyai Ali kepada infomistik, 28/02/2013. Tentu saja infomistik menjawab “percaya”.  “Nah, maksud saya agar tidak salah faham soal percaya dalam hal ini.  Kata percaya kepada sesama makhluk tidak sama dengan kata percaya kepada Tuhan.  Sama dengan anda yang percaya kepada saya bahwa Allah memberkan ilmu-Nya kepada saya sehngga saya bisa meningkatkan derajat karena anda bisa membaca Al-Qur’an, terhadap keris ini saya juga percaya bahwa  Allah memberikan kekuatan atau daya atau tuah kepada keris ini yang bisa membantu meningkatkan derajat seseorang”. Kata Kyai Ali menjelaskan.
Mengenai bagaimana cerita asal usul Kyai Ali mendapatkan kers Pamengkang jagad ini, Kyai Ali mengatakan bahwa ia mendapatkan dari ibunya. “Saya dapatkan ini dari ibu saya, dan ibu saya mendapatkan ini dari ayahnya yaitu kakek saya. Menurut cerita ibu saya, kakek saya mendapatkan keris ini dari salah satu gurunya”, cerita Kyai Ali.
Mengenai berapa uang yang ia dapatkan dari meminjamkan keris ini kepada para calon bupati, Kyai Ali mengatakan “hahaha, itu rahasia, yang jelas saya tidak pernah meminta apalagi menyebut harga.  Yang jelas ya saya dikasih.  Namanya dikasih ya tidak boleh ditolak, kalau ditolak namanya menolak rejeki mas”, pungkas Kyai Ali.
Share this article :

Hubungi Kami

BlackBerry

3212 D401

Customer Indonesia


087 835 456780

Customer Luar Negeri


+6287 835 456780

Search

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jual Mistik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by
Blogger